banner 120x600
banner 120x600
banner 970x250

Pria asal Pati mencuri kotak amal di masjid Kudus terekam CCTV

pencurian kotak amal
banner 120x600
banner 468x60

Kudus Terkini – Seorang pria diamankan polisi setelah dikeroyok massa karena diduga mencuri kotak amal di Masjid Kajeksan, Desa Kajeksan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Aksinya diketahui oleh warga melalui rekaman CCTV.

Video penangkapan pria tersebut beredar di beberapa grup media sosial. Dalam video berdurasi 30 detik itu, seorang pria berbaju hitam dan bersarung terlihat sedang diinterogasi warga.Wajahnya tampak memar.

banner 325x300

Kapolsek Kota, Inspektur Subkhan, membenarkan kejadian tersebut. Pria bernama EA (28) asal Tayu, Kabupaten Pati, ditangkap polisi pada Rabu (19/7) sekitar pukul 21.30, “Sekitar pukul 21.30 tadi malam, kami mendapat laporan ada orang yang mencuri kotak amal. Orang tersebut diketahui bernama EA (28) asal Tayu, Pati, Subkhan mengatakan kepada wartawan di Polres Kota, Kamis (20 Juli 2023).

Subkhan mengatakan, kejadian bermula saat warga melihat rekaman CCTV seseorang mengambil kotak sumbangan. Warga langsung berkumpul di masjid. Pria itu kemudian diserahkan kepada polisi.

“Jadi, dipasang kamera CCTV di Masjid Kajeksan, dan pengurus punya akses online. Saat hendak melakukan pencurian, aksinya terekam CCTV. Pengurus dan warga kemudian menangkap pelaku dan menyerahkannya kepada kami,” kata Subkhan.

Berdasarkan penyelidikan, Subkhan mengungkapkan bahwa pria tersebut adalah seorang gelandangan. Dia berpindah-pindah dari satu masjid ke masjid lain di Kudus,diduga baru sekali itu melakukan aksi pencurian.

“Orang tua laki-laki itu bercerai, dan dia tinggal bersama neneknya di Jambi sejak kecil. Saat neneknya meninggal dunia, dia kembali ke Kudus dan menjadi gelandangan,” jelas Subkhan.”Dia gelandangan sejak sekitar November 2022, tidur di masjid yang berbeda,” katanya.

“Barang bukti sudah diamankan polisi, pria itu masih menjalani pemeriksaan dan barang bukti berupa kotak amal belum dibuka. Pihak masjid rencananya akan datang dan membuka kotak donasi, sehingga barang bukti masih kami periksa. Kami akan menindaklanjuti sambil menunggu manajemen,” ujar Subkhan.

banner 325x300